Wednesday, January 20, 2016

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER. Kita sering melakukan berbagai kegiatan di depan komputer dan banyak sekali terbantu dengan alat yang satu ini, karena hampier setiap pekerjaan kita di bidang apapun tak lepas dari perangkat komputer baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Perangkat lunak komputer sendiri adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dalam komputer dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan suatu perintah, perangkat lunak juga meneruskan instruksi-instruksi tertentu diinginkan pengguna komputer yang akan di hubungkan ke perangkat keras komputer.

Bicara tentang perangkat lunak komputer sering kali kita terjebak dengan nama nya aplikasi. Padahal jika kita lihat lebih jauh perangkat lunak komputer dapat kita bagi menjadi 4 yaitu:



1. Perangkat Lunak Sistem

Sistem Operasi / Operating System (OS)

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur hubungan antara komputer dengan perangkat keras (hardware) operasi dasar sistem, termasuk melakukan eksekusi terhadap software.

Bahasa Pemrograman (Program Language)
Bahasa pemrograman sering juga disebut dengan istilah Program Language, adalah sekumpulan intruksi dan aturan- aturan yang ditulis secara khusus kedalam bentuk kode- kode yang dapat dibaca oleh komputer untuk dapat melaksanakan fungsi dan tugas-tugas tertentu.
Program Utility
Adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat pada komputer yang dibuat untuk menunjang sebuah performa dan melengkapi kinerja Operating System atau sistem operasi, beserta mendukung dari segi keamanan pada komputer, misalnya AntiVirus.



2. Perangkat Lunak Aplikasi


Perangkat Lunak Pengolah Kata
Program aplikasi pengolah kata dipergunakan untuk mengolah data berupa kata, seperti pengolahan naskah, skripsi, makalah, artikel, sertifikat, beserta teman-temannya. Contoh dari perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word, Open Office, Word Perfect, dan lain-lain.

Perangkat Lunak Pengolah Angka
Perangkat ini pada umunya berfungsi untuk mengolah data berbasis angka, menyelesaikan perhitungan ataupun fungsi counting. Dalam aplikasi ini kita akan dapat menyelesaikan perhitungan dengan akurat apabila kita menggunakan rumus dengan baik dan tepat. Contoh aplikasinya adalah : Loctus123, Microsoft Excel, dan sebagainya.

Perangkat Lunak Pengolah Presentasi
Adalah sebuah program yang difungsikan untuk merancang slide yang akan dipergunakan sebagai bahan materi presentasi dalam sebuah pertemuan, rapat, maupun seminar. Contoh dari program pembuat presentasi adalah Kpresentase, Microsoft Office Power Point dan lain lain.

3. Perangkat Lunak Pengolah Database

Merupakan software yang berfungsi untuk mengolah data dalam jumlah yang besar. Dengan menggunakan perangkat lunak yang satu ini  kita dapat menyunting maupun melakukan input data secara tepat dan akurat. Contoh dari aplikasi pengolah database ini adalah Microsoft Access, Oraqle, Foxpro, Dbase, Mysql dan lainnya.

Itulah Pengertian PERANKAT LUNAKKOMPUTER dan jenis-jenis perangkat komputer. Semoga artikel di atas bermanfaat. Terimakasih.

Related Articles

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

0 comments:

Post a Comment